Pembuat Foto Ikonik Obama Ditangkap


Seniman yang membuat foto ikonis Presiden AS Barack Obama dalam warna merah, putih, dan biru ditangkap di Boston. Shepard Fairey, nama seniman itu, ditangkap pada Jumat, 6 Februari, saat melakukan perjalanan menuju Institut Seni Kontemporer untuk menggelar pameran tunggal.

Sebelumnya, The Associated Press (AP) telah mengklaim sebuah foto Obama miliknya telah dipergunakan dalam sebuah karya seni dengan melanggar copyright. AP bersikeras berhak atas kompensasi dari penggunaan foto tersebut, demikian ditulis Reuters, Sabtu (7/2/2009).

Fairey, sang pembuat gambar seni, telah mengakui bahwa gambar yang dibuatnya itu didasarkan pada foto Obama yang ada di AP bulan April 2006. Gambar berjudul 'Hope' itu terpampang di Galeri Foto Nasional di Washington. Foto ikonik itu sendiri telah beredar dalam bentuk poster dan kaos yang berjumlah ribuan.

Sidang dakwaan Fairey diagendakan Senin, 9 Februari. Jika terbukti bersalah, Fairey terancam pidana penjara 3 tahun. Dia didakwa telah merusak benda hak milik orang lain dengan grafiti.

0 komentar:

Posting Komentar