Adab Yang Banyak Ditinggalkan dan Dilupakan Manusia Tetapi Disukai Syaithan

Tidur dalam kondisi Junub

Umar bin Khatab bertanya kepada Rasulullah SAW “Apakah seseorang (boleh) tidur padahal ia dalam kondisi junub?. Rasulullah bersabda “Iya, jika ia sudah berwudhu”. (HR Bukhari).

Sayyidah Aisyah ra. mengatakan “Jika Rasulullah SAW ingin kembali tidur padahal ia dalam kondisi junub, maka beliau (terlebih dahulu) membersihkan kemaluannya dan berwudhu”. (HR Bukhari)

Salah satu hikmahnya menurut Ibnu Jauzi, beliau mengatakan “Malaikat akan menjauh dari kotor dan bau yang tidak enak, sedangkan syaithan akan mendekat”.

Adab ketika minum

Rasulullah SAW bersabda “Jika salah seorang diantara kalian minum, maka minumlah dengan tangan kanan, karena syaithan makan dan minum dengan tangan kiri”. (HR Muslim)

Rasulullah SAW bersabda “Jika kalian minum, maka janganlah bernafas di gelas, dan jika kalian buang air kecil maka janganlah menyentuh kemaluan dengan tangan kanan, dan jika kalian buang air besar maka janganlah kalian membersihkan dubur dengan tangan kanan”. (HR Bukhari)

Adab ketika menguap

Rasulullah bersabda “Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap, dan jika bersin ucapkanlah “Alhamdulillah”. Dan kewjiban setiap muslim yang mendengarnya, maka mendo’akannya dengan mengucapkan “Yarhamukallah”. Adapun menguap adalah dari syaithan maka tahanlah (tutuplah) sesuai dengan kemampuan. Jika mengatakan “Hoah” maka syaithan tertawa”. HR Bukhari)

Adab memakai sandal atau sepatu

Rasulullah SAW bersabda “Jika seseorang diantara kalian memakai sandal maka mulailah dengan kaki kanan. Dan jika melepas sandal maka mulailah dengan kaki kiri…..”. (HR Bukhari)

Demikianlah hal-hal yang mulai banyak ditinggalkan oleh kita seorang muslim, mungkin karena ketidak tahuan akan adab-adab tersebut. Untuk itu al-faqir mencoba menyampaikan dan mengingatkan, semoga posting yang singkat ini dapat bermanfaat.

Wallahu’alam Bishawab

0 komentar:

Posting Komentar